Rabu, 06 Januari 2010

Citra Medis ET (Ewing's Tumor)

Latar Belakang

Personal Computer (PC) sebagai sarana bantu manusia dapat menyelesaikan pekerjaan sehari-hari di segala bidang. Pada mulanya para pemakai hanya menggunakan komputer sebagai mesin ketik, kini telah berkembang menjadi alat kontrol atau pengendali baik di rumah tangga, di industri bahkan di lingkungan pendidikan.

Dengan bantuan software-software tertentu maka komputer dapat mengenali informasi dari citra atau gambar yang sedang diamati. Pengolahan citra adalah suatu metode atau teknik yang dapat digunakan untuk memproses citra atau gambar dengan jalan memanipulasinya menjadi data gambar yang diinginkan untuk mendapat informasi tertentu.

Dalam makalah ini dicoba untuk melakukan Analisa Citra Medis untuk mendapatkan perbandingan hasil dengan beberapa meode yang ada.

Batasan Masalah

Dalam melakukan Analisa Citra Medis ini penulis melakukan analisis terhadap tumor tulang Ewing yang lebih di kenal dengan ET dengan menggunakan beberapa metode dalam pengolahan citra yaitu : Metode Sobel, Metode Prewitt, Metode Log, Metode Robert, Metode Canny dan Metode Zerocross. Dari metode-metode tersebut akan didapatkan mana metode yang paling baik digunakan agar analisis lebih jelas.

Tujuan Masalah

Tujuan Analisis Citra Medis ini adalha untuk melakukan perdeteksian tepi (edge detection) untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dari beberapa meode yang ada dalam Matlab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar