Minggu, 02 Mei 2010

Apa itu Java

Java adalah bahasa pemrograman komputer berbasiskan kepada Object Oriented Programming (OOP) yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam.

OOP maksudnya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek, tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Sehingga hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.

Java Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ dan didesain sedemikian sehingga ukurannya kecil, sederhana, dan portable (dapat dipindah-pindahkan di antara bermacam platform dan sistem operasi), sehingga saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java.

Dikembangkan pada tahun 1995 oleh Sun Microsystems java yang dapat dijalankan di berbagai platform, termasuk pada web seperti applet, yaitu sebuah program kecil atau aplikasi java yang dijalankann pada sebuah website. Akan tetapi Java tidak sama dengan java Scipt, dimana Java Script merupakan bahasa scipt yang digunakan dalam pembuatan website.

Hal- hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan Java (aturan-aturan) :
1. Java bersifat case sensitive
dimana huruf kapital dan huruf kecil tidak dianggap sama.
2. Java mengabaikan spasi kosong
Umumnya spasi , tab atau sejenis pada java digunakan untuk membuat penulisan program terlihat lebih rapi.
3. Kurung kurawal {} merupakan simbol pengelompokan dalam Java.
Yang digunakan untuk menandai awal dan akhir seksi program. Jumlah dari kurung buka harus sama denagn jumlah kurung tutup yang kita gunakan dalam menulis program.
4. Setiap pernyataan java diakhiri dengan simbol ; (titik koma)
Sebuah pernyataan merupakan sebuah elemen program (ekspresi) yang menghasilkan sebuah aksi pemrosesan dan tidak setiap ekspresi Java adalah pernyataan.

Contoh:

//Contoh pembuatan program dengan java --> Komentar dalam satu baris
/* Disini kita juga bias menggunakan tanda (/*….*/)
Untuk komentar beberapa baris */ --> komentar dalam beberapa baris

public class HelloWorld {
public static void main(String args[]) {
System.out.println("Sedang Belajar Bahasa Pemrograman JAVA");
}
}


Hasil/Output : Sedang Belajar Bahasa Pemrograman JAVA

Tipe-Tipe Aplikasi Java :

1. Aplikasi Berbasis Teks
merupakan aplikasi yang hanya menggunakan promt atau comment promt atau shell (pada linux) untuk menjalankannya.
2. Aplikasi Berbasis Window
merupakan aplikasi yang menggunakan GUI (Graphic User Inteface) dimana kita telah disuguhkan dengan tampilan window yang lebih user friendly
3. Applet
merupakan aplikasi/program berbentuk bytecode yang akan diinterpretasikan di web browser.
4. Java Server Pages
merupakan bahasa scripting serupa dengan PHP, seperti ASP, Java mampu langsung ditempelkan di halaman HTML untuk menghasilkan efek tampilan di web browser.
5. Java Servlet
merupakan aplikasi apllet namun ada di sisi server (bukan web browser). Java Servlet memberikan layanan yang diminta lewat web browser, dimana web server akan mengeksekusi atau mendelegasikan sepenuhnya layanan ke suatu java servlet.
6. Java Beans merupakan konsep model komponen yang ada di Java.
7. Eneterprise Java Beans untuk mengusung konsep n-tier computing
8. Java Micro Edition
merupakan pemrograman untuk membangun aplikasi pada handheld devices atau perangkat genggam seperti handphone dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar