Senin, 10 Mei 2010

GAME J2ME TIC TAC TOE

Secara umum, pembuatan aplikasi permainan ini dibagi menjadi enam tahap, yang terdiri dari :
1. Membuat rancangan permainan TicTacToe.
2. Pembuatan diagram alur (flowchart) program yang akan menggambarkan aliran dan arah
jalannya program yang akan dibuat.
3. Perancangan struktur menu yang diperlukan untuk memudahkan user dalam melakukan
navigasi, guna mengakses fasilitas yang terdapat dalam aplikasi permainan.
4. Perancangan tampilan aplikasi pada ponsel yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan user.
5. Pembuatan program. Pada tahap ini penulis akan membuat kode program berdasarkan
ketiga tahap sebelumnya untuk diimplementasikan pada ponsel.
6. Uji coba program. Pada tahap ini kode program yang telah dibuat pada tahap sebelumnya akan dieksekusi dan dijalankan untuk menganalisa kesesuaiannya dengan ketiga tahap awal yang dilakukan.

1 Rancangan Permainan
Dalam permainan terdapat Sembilan buah ruang berbentuk kotak yang bersekat-sekat
dan dua buah benda yang digunakan untuk mengisi ruang tersebut, yaitu item yang berbentuk silang dan lingkaran. Permainan dimulai dengan membuat atau mengisi salah satu bentuk item pada salah satu kotak bersekat, permainan ini adalah permainan menyusun tiga buah item yang berbentuk sama dan tersusun secara vertikal, horizontal ataupun diagonal dimana setiap item dapat diisi pada kotak berdasarkan navigasi yang kita pilih. Item tersebut akan tersusun sampai tersusun tiga buah item yang sama, baik secara vertical, horizontal maupun diagonal. Jika jumlah item yang bisa diisi pada kotak berjumlah sama antara kedua jenis bentuk item dan tidak membentuk suatu susunan komposisi apapun maka permainan dianggap seri dan jika anda sebagai pemain anda tidak bisa mengisi atau menyusun item secara berurutan ataupun jika komputer lebih dulu menyusun bentuk itemnya secara benar lebih dulu, maka anda dianggap kalah dalam permainan dan computer lawan anda yang menang begitupun bila kejadian sebaliknya.

2 Flowchart Permainan

Agar lebih memudahkan dalam pembuatan program, maka terlebih dahulu penulis
membuat flowchart (diagram alur) yang akan menggambarkan alur program secara umum.


Gambar blm bisa di tampilkan


3 Struktur Menu
Pada aplikasi permainan yang dibuat, penulis menggunakan beberapa buah menu
yang tujuannya adalah untuk memudahkan dan membantu pengguna aplikasi dalam
mengakses fasilitas dalam permainan yang disediakan seperti memulai permainan, melihat high score, melihat layar bantuan (help), termasuk pula melakukan pengaturan terhadap beberapa seting yang tersedia seperti seting pengaturan permainan, score dan peraturan permainan.

Menu Utama
1. Pengaturan digunakan untuk melakukan perubahan terhadap opsi yang mendukung
permainan, seperti nama pemain, level, giliran pemain dan pilih simbol.
2. High Score digunakan untuk melihat daftar score yang tersimpan.
3. Peraturan Permainan digunakan untuk melihat bantuan cara memainkan game.

4 Pembuatan Program
Pada pemrograman java (J2ME), setiap fungsi yang ingin dibuat harus dituliskan
didalam sebuah kelas, karena pada dasarnya J2ME menganut prinsip pemrograman OOP
(object oriented programming). Pada pembuatan aplikasi permainan TicTacToe ini, penulis membagi fungsi yang terdapat dalam aplikasi ini kedalam beberapa kelas, dimana setiap kelas dibuat berdasarkan karakteristik layar yang dipergunakan dalam aplikasi. Dengan kata lain, setiap layar yang ada dibangun dari kelas tersendiri. Penjelasan tentang kelas yang dibuat dan isinya akan dijelaskan pada subbab terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar